PRASETIYA MULYA ACCOUNTING FESTIVAL 2016 [COMPETITION]

Category:

          Kompetisi Akuntansi ini merupakan acara utama PMAF 2016 yang terbuka bagi mahasiswa S1 Akuntansi dari Perguruan Tinggi di Pulau Jawa. Kompetisi ini diawali dengan Babak Online Preliminary, dimana dari total 41 tim yang mendaftar akan terpilih 30 tim dengan skor tertinggi untuk mengikuti kompetisi tahap selanjutnya di Kampus Prasetiya Mulya BSD. Tim-tim tersebut berasal dari beragam perguruan tinggi di antaranya Universitas Airlangga, Universitas Bina Nusantara, Universitas Diponegoro, Universitas Telkom, Universitas Negeri Malang, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Udayana, PPA BCA-Trisakti, Universitas Indonesia, Universitas Trilogi, Universitas Surabaya, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Gunadarma, dan Universitas Tarumanagara.

          Setelah terpilih 30 tim terbaik dari Babak Online Preliminary, kompetisi dilanjutkan dengan pelaksanaan Babak Penyisihan dan Semifinal pada Senin, 16 Mei 2016 di Kampus Prasetiya Mulya BSD. Acara diawali dengan adanya registrasi ulang bagi para peserta dan selanjutnya dilaksanakan Opening Ceremony untuk membuka rangkaian Kompetisi PMAF 2016. Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan 2 ronde Babak Penyisihan (pengerjaan soal pilihan ganda dan isian) untuk menentukan 12 tim terbaik yang dapat lolos ke Babak Semifinal. Babak Semifinal terdiri dari 2 ronde cerdas cermat dan 5 tim dengan poin tertinggi akan lolos ke Babak Final. Salah satu kegiatan tambahan bagi peserta Kompetisi Akuntansi PMAF 2016 adalah sesi sharing dari ACCA (Association of Chartered Certified Accountant) yang dilaksanakan untuk seluruh partisipan kompetisi.

           Babak Final Kompetisi Akuntansi PMAF 2016 dilaksanakan pada Selasa, 17 Mei 2016 mulai pukul 10.00 WIB di Gedung PMBS lantai 6. Masing-masing tim berlomba untuk mempresentasikan final case dengan baik di hadapan 5 dewan juri. Pada Babak Final ini peserta tidak hanya menganalisa kasus dari perspektif akuntansi saja, tetapi mereka juga wajib menganalisa kasus tersebut dari perspektif bisnis. Setelah semua tim selesai melakukan presentasi, dewan juri melakukan diskusi dan mengakumulasikan skor akhir dari kelima tim. Dari akumulasi skor Babak Penyisihan, Semifinal, dan Final dewan juri akhirnya menetapkan 3 tim dengan skor tertinggi sebagai pemenang dari PMAF 2016. Juara pertama dalam Kompetisi Akuntansi PMAF 2016 diraih oleh Tim Tritus dari PPA BCA – Trisakti. Gelar Juara Kedua diraih oleh Tim Rapunzel yang juga berasal dari PPA BCA – Trisakti. Gelar Juara Ketiga diraih oleh Tim Maba dari Universitas Indonesia. Sementara itu, gelar Best Participant PMAF 2016 didapatkan oleh Sdr. Edwin Saim dari Tim CPA, Universitas Multimedia Nusantara.