PRASETIYA MULYA ACCOUNTING FESTIVAL 2018 [COMPETITION]

Acara Prasetiya Mulya Accounting Festival atau yang biasa dikenal dengan PMAF 2018 telah resmi dibuka pada hari Senin, 9 April 2018 di Universitas Prasetiya Mulya BSD. Di tahun ke-3 ini, PMAF 2018 kembali hadir dengan tema “Gaining The Upperhand : Striving for Excellence Beyond the Numbers”. Tema “GAINING THE UPPERHAND” adalah suatu ungkapan akan keinginan dan harapan pribadi maupun keinginan dan harapan perusahaan untuk mencapai posisi yang lebih baik atau lebih tinggi dari waktu ke waktu. Sementara itu, tagline tema yakni “Striving for Excellence Beyond the Numbers” ingin menyampaikan bahwa angka-angka dalam laporan keuangan perusahaan memegang peranan penting dalam membantu perusahaan untuk menuju posisi yang lebih baik atau lebih tinggi tersebut. Registrasi acara main event PMAF 2018 terbuka untuk seluruh Universitas yang berada di Pulau Jawa. Acara main event yang berbentuk kompetisi ini dimulai dengan babak preliminary. Dalam babak ini tim-tim yang sudah mendaftar harus mengerjakan beberapa soal secara online. Dari babak ini terdapat 20 tim yang dinyatakan lolos untuk mengikuti babak selanjutnya. Setiap tim yang lolos terdiri dari 3 orang mahasiswa/i perwakilan jurusan akuntansi dari universitas yang sama.

Pada tanggal 9 April, acara dibuka dengan sambutan dari Jesslyn Viena Simon, selaku ketua Prasetiya Mulya Accounting Festival 2018; Marcella Giovanni, selaku ketua Accounting Students Association periode 2017 – 2018; Ibu Yang Elvi Adelina, M.Sc., CA, selaku Ketua Program Studi S1 Akuntansi Universitas Prasetiya Mulya; dan Bapak Dr Rudy Handoko, selaku Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya. Setelah berlangsungnya kata sambutan, acara PMAF 2018 resmi dibuka. Acara kompetisi diawali dengan technical meeting untuk seluruh peserta agar mendapat gambaran mengenai aturan dan pelaksanaan kompetisi. Untuk hari pertama ini kompetisi terdiri dari 3 babak yaitu babak pertama “The Race is On”, babak kedua “Back to Basic”, dan babak ketiga “What You Gonna Get”. Di akhir acara, diumumkan 12 tim yang berhasil lolos untuk mengikuti kompetisi PMAF 2018 hari kedua.

 

Di hari kedua, PMAF 2018 memberikan babak kompetisi yang jauh lebih kreatif dan menyenangkan. Dari 12 tim yang lolos pada hari pertama mengikuti babak semifinal 1 “What Do You Mean” dan “Fix You”, serta babak semifinal 2 “Don’t stop believin’”. Dari hasil perolehan nilai pada babak ini, maka dipilihlah 4 tim yang lolos untuk melanjutkan ke babak selanjutnya yaitu Final Presentation. Setiap tim diberikan waktu 90 menit untuk mempersiapkan presentasi dan 20 menit untuk mempresentasikan hasil analisa atas kasus yang diberikan. Babak final presentation ini dinilai oleh juri-juri yang berkompeten dalam bidang akuntansi. Diantaranya adalah Bapak Edward Tanujaya sebagai Direktur Komunikasi dan Pemasaran IAI; Ibu Luciana Haryono, MM; dan Ibu Dr. Rinaningsih, Ak., CA selaku perwakilan Faculty Member dari Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya. Setelah para peserta menampilkan presentasi mereka, kemudian para juri berdiskusi untuk menentukan pemenang babak final presentation. Dari hasil diskusi juri, didapatkan pemenang dari acara Prasetiya Mulya Accounting Festival 2018 diantaranya 1st winner yang berhasil dimenangkan oleh TSM 1(Trisakti School of Management), 1st runner up jatuh kepada Fortresser (PPA BCA), 2nd runner up berhasil diraih oleh JSM (Universitas Indonesia), dan 3rd runner up yang jatuh kepada D.E.S Team (Universitas Pelita Harapan). Setelah dilakukan pengumuman pemenang, kemudian dilakukan pemberian apresiasi kepada para pemenang dan para juri, serta dilakukan foto bersama sebagai penutup acara PMAF 2018 ini.